20 Oktober 2011

Apa itu SEO

Berawal dari banyaknya pertanyaan melalui email maupun kotak komentar tentang Apa itu SEO? Akhirnya, ada juga kesempatan untuk menjawab dan berbagi informasi mengenai 'jurus' yang satu ini. Optimisasi mesin pencari, bahasa Inggris-nya Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. 
Sederhananya, Tujuan dari Teknik SEO digunakan untuk menempatkan posisi sebuah blog atau website sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan. Setidaknya blog atau website kita cepat ter-index oleh search engine di internet. Istilah para master yaitu web atau blog yang SEO friendly.
Secara garis besar, teknik SEO  ada 2 yaitu: Teknik SEO On-Page dan Teknik SEO Off-Page. Masing-masing teknik itu sangat diwajibkan jika ingin web atau blog anda lebih SEO Friendly, baik itu untuk web Wordpress maupun Blogspot
Ok. Langsung saja ke inti persoalannya, bagi yang masih awam googling saja tentang apa itu Teknik SEO On-Page. Teknik SEO On-Page inilah yang banyak digunakan oleh blogger berdasarkan pengalaman dan referensi dari web lain. 

1. Keyword On Domain
Ada baiknya sebelum anda memutuskan untuk membuat web atau blog, anda memilih nama Domain yang sesuai dengan apa yang akan anda sukai. Misal: Anda ingin membuat web atau blog tentang Toko Komputer Online, maka sebaiknya anda memilih domain seperti ini toko-komputer.com, computeronline-shop.com, pusatkomputer-online.com dan lain-lain. Domain yang baik menurut saya adalah domain yang memiliki keyword.

2. Perhatikan Tittle, Meta Keyword & Meta Description
Tanpa anda sadari Tittle, Meta Keyword dan Meta Description sebenarnya memiliki peran penting di dalam SEO On Page, karena itu termasuk salah satu pondasi untuk kekuatan web anda. Makanya, Usahakan pada penulisan Tittle tag, Meta Keyword dan Meta Description anda sisipkan atau masukan keyword di dalamnya agar web anda kuat di search engine. 

3. Permalink atau URL Artikel
Sebagian orang mungkin mengira permalink atau URL artikel tidak penting. Tapi bagi saya ini juga termasuk penting, karena bentuk permalink yang kita buat akan memperjelas apa yang akan kita bidik keywordnya. Contoh permalink yang biasa diterapkan: domainku.com/%postname%.html atau bisa juga domainku.com/%postname/

4. Perhatikan Tag H1, H2 dan H3
Yang ini biasanya tergantung pada theme yang anda gunakan, kadang ada yang theme H1, H2 dan H3 nya sudah optimal tapi kadang ada juga yang tidak ada. Jadi perhatikan juga yang ini, penggunaan tag H1, H2 dan H3 yang benar akan mempermudah search engine menulusuri web anda.

5. Image Alt Text
Apakah penting posting memakai gambar? Jawabannya terserah anda. Bagi kebanyakan orang membaca kontent yang disertai gambar akan lebih menarik dan tidak membosankan. Visitor juga terkadang datang melalui link gamber. Perhatikan saat upload gambar ke posting-an anda jangan sekedar upload, karena robot google tidak bisa menelusuri gambar dan cara untuk 'mengkelabuinya' bisa menggunakan tag Image Alt Text dengan kaya keyword yang anda bidik.

6. Bold, Italic and Underline
Usahakan dalam  content anda beri tanda bold, italic dan underline pada kata kunci utama. Teknik penulisan ini bisa menambah nilai dari kata kunci utama yang anda bidik. Misalnya di paragraf pertama anda sisipkan kata kunci anda bold, paragraf kedua anda sisipkan kata kunci anda Italic dan Paragraf terakhir anda sisipkan kata kunci terus anda underline.

7. Internal Link
Internal link bisa memberikan backlink pada artikel lain yang ada di web anda. Jadi, Buatlah internal link yang saling berhubungan dengan kontent anda atau saling terkait.

Teknik SEO di atas sebenarnya adalah cara mengoptimalkan web dengan teknik SEO on page untuk para pemula seperti saya hehe. Bagi yang sudah master sih udah di luar kepala kalee!
Apa itu SEO 2018
source : articleavenue.com

Disqus Comments